Selasa, 11 September 2012

4 Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi

Setelah makan siang seringkali mata kita terasa berat dan menguap karena mengantuk. Untuk mengatasi hal ini biasanya orang kemudian, minum kopi atau makan makanan manis. Memang kedua makanan tersbeut dapat dengan cepat menghasilkan energi, tetapi beberapa jam kemudian tubuh akan kembali terasa sangat lelah, mengantuk, serta tingkat konsentrasi jadi berkurang.
Menurut chronologists, para ilmuwan yang mempelajari ritme biologis tubuh, apa yang memicu kantuk dan kelelahan di sore hari adalah hipotalamus. Artinya, bagian dari otak yang mengatur fungsi vital seperti denyut jantung, produksi hormon, dan tekanan darah.
Ada hubungan langsung antara suhu tubuh dan kontrol hipotalamus. Yakni, ketika suhu tubuh menurun, kemampuan mental dan kognitif juga jauh berkurang.
“Suhu tubuh meningkat di pagi hari, sore, dan di puncak sekitar pukul satu. Kemudian, pada sore hari itu akan menurun” kata Michael Smolensky, PhD, penulis The Body Clock Guide to Better Health seperti yang dikutip Oprah.com.
Anda tidak dapat selamanya bergantung pada kopi atau makanan bergula untuk meningkatkan energi kembali, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.
Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan kembali energi tubuh.
  • Sarapan
Menurut Elizabeth Somer, seorang ahli diet dan penulis Food & Mood: The Complete Guide to Eating Well and Feeling Your Best, sembilan dari 10 orang yang
tidak sarapan akan merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi di sore hari.
Pastikan Anda memulai aktivitas dengan sarapan, karena ini adalah ‘modal’ energi. Selain itu juga disarankan untuk makan karbohidrat dan protein sintesis sebagai menu makan siang untuk memaksimalkan energi dan menjaga konsentrasi.
  • Cukup Tidur
Dengan kebiasaan melakukan segalanya serba cepat, itu akan membuat Anda kurang istirahat. Kondisi seperti ini akan menyebabkan penurunan tingkat konsentrasi secara drastis pada sore hari.
Jadi, cobalah untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup, karena selama tidur sel-sel otak juga melakukan proses perbaikan. Ini sangat penting untuk menjaga konsentrasi.
  • Jalan-jalan setelah Makan Siang
Aktivitas fisik merupakan sumber energi. Setelah makan siang, tak ada salahnya untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan konsentrasi.
  • Sinkronisasi Antara Kerja dengan Tingkat Energi
Cara terbaik terbaik adalah dengan melakukan pekerjaan yang sulit dan memerlukan konsentrasi tinggi di pagi hari. Hal ini karena tingkat energi dan konsentrasi masih sangat tinggi.
“Jika memungkinkan, cobalah sesuatu yang merangsang kreativitas dan menarik, tetapi tidak menguras energi di sore hari,” kata Thomas Lauda, PhD, pelatih manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar